RSS

Teknik Pembuatan Film Animasi

Donald duck , Mickey Mouse , Bugs Bunny dan masih banyak lagi adalah salah satu tokoh kartun animasi yang paling banyak digemari anak – anak sampai orang dewasa , kemunculan mereka menjadi icon untuk anak – anak karena karakter mereka yang lucu dan menggemaskan bahkan di dunia perfilman pun film animasi menjadi box office dan mengalahkan film – film action yang ada di Hollywood , hal ini tidak hanya membuat animasi melambungkan tokoh kartunnya tapi juga membuat perancangnya menjadi jutawan dan membuat sebuah film Animasi menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah film bahkan di Hollywood terdapat kerajaan raksasa animasi yang bernama Walt Disney.

Tetapi, apakah semudah itu membuat Film Animasi yang digemari banyak orang?

Tentu saja jawabannya Tidak ,dibalik kesuksesan pasti ada kerja keras dan perencanaan yang matang selain itu ada banyak teknik yang dapat dipergunakan dalam pembuatan sebuah film animasi , oleh karena itu membuat film Animasi tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi sebenarnya apa arti Animasi , Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak.(http//Wikipedia.com), pada perkembangannya sebenarnya ada 2 jenis film animasi yaitu animasi 2 dimensi dan 3 dimensi tetapi tehnik yang digunakan berbeda .

A. Animasi 2 Dimensi

Animasi 2 Dimensi juga disebut flat Animation , objek yang dianimasi hanya mempunyai ukuran panjang dan lebar , dalam perkembangannya animasi 2 dimensi melahirkan film – film yang dapat kita nikmati hingga sekarang seperti Flinston , Scooby Doo dan masih banyak lagi tokoh - tokoh Walt Disney . pembuatan film ini dikerjakan di atas bidang datar. adapun teknik – teknik yang digunakan dalam proses pembuatannya antara lain :

a) Teknik Sel ( Cell Tehnique )

Teknik ini adalah teknik yang paling dasar dalam pembutan film animasi karena masih kovensional yaitu menggunakan lembaran plastic tembus pandang yang disebut sel ( cell ) . Rangkaian gambar dibuat dibuat secara detail diatas sel tetapi latar belakang ( background ) dan latar depan ( foreground ) dibuat hanya sekali saja karena objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Bermacam – macam gerakan dapat dibuat agar film terlihat lebih hidup .

b) Teknik Bayangan

Sebenarnya teknik ini sudah lama di pergunakan di Indonesia contohnya kesenian Wayang Kulit , pada kesenian wayang kulit figur – figur dimainkan seorang dalang dan penonton hanya menyaksikan bayangannya . Teknik siluet ini menggunakan lempengan karton atau kulit untuk mebuat objek figurnya dengan cara menggunting setiap karakter figurnya selanjutnya dengan efek siluet yang di timbulkan dari sorotan lampu menghasilkan bayangan dari karakter yang dimainkan .

c) Teknik Computing 2 Dimensi

Dengan adanya perkembangan teknologi komputer , teknik – teknik dalam pembuatan film animasi pun beralih dari konvensional menjadi digital ( computing ) ,kertas gambar diganti dengan frame di komputer. waktu dan biaya pun dapat dihemat karena dengan adanya teknologi komputer mampu meminimalisasi pekerjaan kita untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan dalam pembuatan gambar, hanya dengan copy paste sebuah gambar .

B. Animasi 3 Dimensi

Pembuatan film Animasi 3 Dimensi sepenuhnya sudah menggunakan teknologi komputer , Animasi 3 Dimensi merupakan perkembangan dari Animasi 2 dimensi yang memiliki kedalaman tesktur dan warna sehingga gambar terlihat lebih nyata dan hidup , aplikasi komputer grafis untuk pembuatan animasi 3 dimensi disebut computer generated imagery ( CGI ) , dengan perangkat lunak ini dapat menciptakan gambar 3D yang kita inginkan dengan efek yang luar biasa . beberapa contoh software yang ada saat ini adalah art of illusion , Maya atau Blender .

Perkembangan Teknik pembuatan film Animasi terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga menghasilkan film – film yang berkualitas dari toy story hingga kungfu Panda, hal ini membuat film animasi menjadi salah satu tontonan yang paling menjajikan dari anak-anak hingga orang dewasa .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: